Selama ini, alkaloid diketahui merupakan senyawa yang hanya terdapat di dalam tumbuhan dan merupakan produk metabolit sekunder. Namun, setelah diidentifikasinya alkaloid biota laut (Fenical, 1986), didalam sejumlah Arthropoda (Jones dan Blum, 1983), dan di dalam katak berwarna cerah neotropis (Daley dan Spande, 1986), ternyata alkaloid bukanlah senyawa yang hanya terdapat di dalam tumbuhan. Terutama didalam Lepidoptera, alkaloid dalam hewan berfungsi sebagai zat pertahanan dan diperoleh dari dan bersama makanan. Beberapa contoh zat pertahanan alkaloid adalah : 2-metil-6-nonil piperidin (Semut Solenopsis), Koksinelin (Ladybird Coccinella), Senesionin (Ngengat Cinnabar Tyria), dan beberapa zat pertahanan lainnya di dalam Arthropoda.

Cinnabar dan ngengat yang memangsa Senecio mengumpulkan alkaloid golongan pirolizidin senesionin dan meracuni predator. Serangga yang makan tumbuhan Aristolochia clamatis atau A. rotundo mengumpulkan senyawa nitro asam aristolokat.

Alkaloidyang memang di sintesis sendiri oleh hewan adalah glometrin dan homoglometrin dari Glomeris marginata, dan bersifat sangat toksik. Kemudian dari Polyzonium rosalbum diproduksi polizonimin yang juga merupakan racun kecoak. Ada juga bisa semut merah Solenopsis yang memiliki khasiat hemolitik, insektisida, dan antibiotik. Senyawa yang ada di dalam bisa tersebut adalah turunan 2-metil-6-nonil piperidin, yang memiliki struktur seperti konin (2-propil piperidin) dari Conium maculatum.

Contoh lain adalah alkaloid koksinelin yang diproduksi oleh Ladybids (Kumbang kecil) (Coccinellidae), yang merupakan alkaloid baru dan tidak didapatkan di dala tumbuhan.

Referensi :

Kimia & Farmakologi Bahan Alam Edisi 2
Prof. Sumali Wiryowidagdo (2008)
EGC – Jakarta.

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s