Resume Bacaan

ANALISIS FARMASI DAHULU dan SEKARANG

Fak. Farmasi UGM 1987

Achmad Mustofa Fatah

Pemisahan.

Tata cara ekstraksi (hal 22-25) :

  • Ekstraksi padat-cair

Ekstraksi yang terjadi antara fase padatan dan cairan. Ekstraksi ini umumnya berdasarkan adsorpsi, dan yang baik digunakan adalah resin, silica gel, arang, alumina dan aluminium silikat. Ekstraksi ini umumnya cocok untuk senyawa-senyawa polar, yang lebih suka tinggal untuk fase air. Metode ini juga berguna untuk senyawa amfoter yang tidak mudah diekstraksi dari pelarut air.

  • Ekstraksi cair-cair

Pada proses ekstraksi  ini, harga pH optimal ekstraksi biasanya berdasar harga pKa dari senyawa organic yang bersangkutan, dimana pada pH tersebut 50% senyawa itu tidak terionisasi. Secara umum, pH optimal untuk senyawa basis adalah 1-2 satuan pH diatas harga pKa, sedangkan untuk senyawa asam 1-2 satuan dibawah harga pKa seenyawa tersebut. Sudah menjadi aturan umum bahwa senyawa basis diekstraksi pada pH alkalis dan senyawa asam diekstraksi pada pH asam sedangkan untuk senyawa netral diekstraksi sekitar pH 7,0 (meskipun senyawa netral dapat diekstraksi pada  setiap pH).

Aturan ini tidak berlaku untuk senyawa ionic yang tinggi polaritasnya seperti amin kwartener yang bersifat amfoter dan cenderung membentuk zwitter ion.

Syarat-syarat pemilihan pelarut menurut jones (1976) :

  1. Murah dan mudah dimurnikan.
  2. Tidak toksis dan tidak mudah terbakar
  3. Tidak campur dengan air
  4. Berbobot jenis yang sesuai
  5. Volatilitas yang bagus
  6. Stabilitas kimiawi tinggi dan inert
  7. Transparent untuk UV dan tidak mengganggu sintilasi
  8. Tidak mudah membentuk emulsi
  9. Melarutkan senyawa-senyawa yang tidak terion dan tidak melarutkan senyawa-senyawa yang terion.
  10. Ekstraksi pasangan ion.

Senyawa dengan polaritas tinggi atau bersifat amfoter sukar dipisahkan dengan ekstraksi cair-cair, maka dilakukan dengan membuat spesies yang lebih lipofilik dengan cara membentuk ion kompleks yang larut dalam pelarut organic. Kedua ion akan membentuk kompleks asosiasi dalam fase organic ini biasanya disebur pasangan ion. Keberhasilan ekstraksi dipengaruhi oleh sifat-sifat pelarut organic, zat-zat pembentuk pasangan ion dan sifat/bentuk kompleksnya.

  • Kromatografi

Secara sederhana teknik kromatografi dapat dikatakan sebagai teknik pemisahan yang didasarkan atas perbedaan afinitas campuran solute diantara dua fase atau lebih. Afinitas atau interaksi dapat diklarifikasikan dalam adsorbs dan partisi atau dapat pula karena berdasarkan ukuran molekul yang dapat masuk kedalam zat porous yang disebut eksklusi.

  1. Jika fase diam berupa padatan yang sangat polar sehingga solute diadsorbsi dengan berbagai tingkat, maka metode ini dinamakan kromatografi adsorpsi.
  2. Kombinasi fase diam padatan dan fase gerak gas atau cairan menghasilkan proses adsorpsi. Jika fase diamnya cairan yang didukung oleh padatan inert, metode ini dinamakan kromatografi partisi.
  3. Penggunaan fase diam zat /bahan yang berporous dengan fase gerak adalah cairan merupakan dasar pemisahan berdasarkan ukuran molekul, maka proses ini dinamakan kromatografi eksklusi atau permeasi-gel.
  4. Sedangkan metode yang dinamakan kromatografi penukar ion adalah hasil interaksi antara dua fase diam ionic dan fase gerak yang mengandung solute ionic.

Persyarata titrasi (hal.27-28) :

  1. Reaksinya harus stokhiometrik, artinya reaksi antara analit dan titran harus diketahui dan pasti
  2. Reaksi harus berjalan dengan cepat
  3. Tidak terjadi reaksi sampingan dan reaksi harus spesifik
  4. Terjadi perubahan yang jelas pada beberapa larutan jika reaksi telah berjalan sempurna. Ini dapat dilihat dari perubahan warna, perubahan sifat listrik atau fisika lainnya.
  5. Titik pada saat jumlah titran setara atau stokhiometrik disebut titik ekuivalen; titik dimana reaksi terlihat sempurna disebut titik akhir titrasi, yaitu pada saat terjadi perubahan sifat larutan. Titik ekuivalen dan titik akhir harus jaraknya berimpit atau jaraknya reprodusibel.
  6. Reaksi harus kuantitatif; yaitu kesetimbangan reaksi harus jauh ke kanan.

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s