Berbagai jenis bahan obat dapat digunakan atau diberikan  pada tubuh dalam bentuk sediaan aerosol. Bentuk sediaan ini dapat digunakan baik secara oral maupun topikal. Bukan hanya sediaan farmasi saja dapat ditemukan dalam bentuk aerosol, berbagai jenis kosmetik juga saat ini dengan mudah ditemukan dalam bentuk aerosol.

Assorted Aerosol Inhalation Therapy for Atsma

Assorted Aerosol Inhalation Therapy for Atsma

Bentuk sediaan ini pada umumnya sering ditemukan untuk pengobatan saluran pernafasan misalnya untuk penanganan simptomatis pada penyakit astma, aerosol topical untuk pengobatan akne (jerawat), dan kosmetik seperti styling foam untuk penataan rambut

Aerosol adalah  bentuk sediaan yang mengandung satu atau lebih zat aktif dalam wadah kemas tekan, berisi propelan yang dapat memancarkan isinya, berupa kabut hingga habis, dapat digunakan untuk obat dalam atau obat luar dengan menggunakan propelan yang cocok.

Aerosol

Aerosol

Ukuran partikel bahan aktif berkisar antara 0,5 hingga 10 µm, untuk meminimalisir penghantaran dan penyimpanannya dalam cairan pernafasan. Sebagian besar menyetujui bahwa ukuran 3 hingga 6 µm adalah yang paling efektif. Jika partikel-partikel bahan aktif lebih besar dari 10 µm maka akan tersimpan atau tertahan pada saluran pernafasan bagian atas, sementara jika ukuran partikel kurang dari 0,5 µm akan dikeluarkan atau melekat pada dinding-dinding mulut setelah fase ekshalasi….

Tugas Makalah PTF_Aerosol_RGM

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

One response »

  1. Adri mengatakan:

    mksih info’a,,boleh yah aku jdiin referensi,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s