Pewangi bukanlah suatu bahan tunggal dengan sifat yang jelas, malainkan suatu campuran dari beberapa bahan kimia, dimana masing-masing memiliki sifat yang unik. Karakteristik dari bahan kimia tersebut secara terpisah dan kemudian menggabungkan efeknya, memungkinkan sifat yang lengkap dari komposisi pewangi dalam berbagai media untuk dapat dipahami. (1)

Picture parfum

Fragrance Product
( Parfum, Eau de Toilette, Eau de Cologne, etc )

Senyawa pewangi digunakan untuk memberikan aroma untuk detergen  dan produk pembersih rumah tangga . Pewangi dalam produk pembersih rumah tangga dan detergen memberikan kontribusi penting untuk penerimaan rasa dari konsumen  dan juga untuk memberi identitas pada suatu produk . Variasi pewangi yang berbeda ini bisa asosiasi yang berbeda yang bisa sangat individual . Pengguna harus memperhatikan aroma ketika membuka paket/kemasan produk, ketika menggunakan produk tersebut , dan/atau setelah membersihkan atau mencuci pakaian mereka .  Tantangan bagi produsen adalah untuk menjamin pengalaman aroma sama baik pada semua tahap penggunaan produk. Senyawa pewangi dalam pembersih rumah tangga dan detergen , produk harus menawarkan lebih dari sekedar bau yang menyenangkan, tetapi harus stabil di segala kondisi penggunaan dan juga jika dikombinasikan komponen-komponen lain penyusun produk tersebut . Pewangi ini harus mampu menutupi bau intrinsik dari bahan baku , yang pada umumnya kurang menyenangkan.(2)

Untuk pewangi, baik bahan baku maupun produk jadi, diatur oleh dua badan resmi yaitu International Fragrance Association (IFRA) yang berbasis di Jenewa, Swiss dan Research Institute for Fragrance Materials (RIFM) yan berbasis di Amerika Serikat. Kedua organisasi, meskipun secara formal merupakan lembaga independen, keduanya bekerja sama  untuk menjamin keamanan wewangian. RIFM bertanggung jawab untuk pengujian dan pemantauan bahan pewangi, komisioning dan melaksanakan tes, menetapkan protokol, dan menyusun data dari penelitian dan studi dasar pada konsumen. (1)

Pewangi yang digunakan dalam produk kosmetik dan produk rumah tangga harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh IFRA, konsentrasi maksimum yang diperbolehkan tidak menggunakan pelarut-pelarut yang dilarang penggunaannya termasuk tidak boleh terdeteksi pada produk akhir (dengan batas maksimum kurang dari 1mg/Kg), seperti Toluen, benzene, etil benzene. Termasuk penandaan untuk produk” hypoallergenic” seperti produk-produk perawatan bayi atau untuk kulit sensitive, mengingat komponen dari pewangi memiliki potensi terhadap timbulnya alergi.

Pewangi umumnya ditambahkan pada suatu sediaan kosmetik dan perawatan tubuh, perbekalan rumah tangga seperti sabun, detergen dan cairan pencuci juga pada sediaan pewangi udara. Wangi yang khas dari suatu produk dapat menunjukkan sebagai identifikasi dari produk itu sendiri dan memberikan penerimaan yang baik dari konsumen terhadap produk tersebut.

Senyawa pewangi biasanya terdiri dari beberapa bahan kimia. Untuk satu aroma tertentu dapat diperoleh dari kombinasi beberapa senyawa kimia tertentu. Salah satu reaksi pembentukan senyawa pewangi dapat dilihat pada gambar 1. Untuk membuat parfum, pewangi yang merupakan minyak,  biasanya ditambahkan dalam larutan alcohol dan air. Alkohol yang tersedia secara komersial bukanlah komponen tunggal, melainkan campuran antara etanol, air dan denaturan. Alkohol komersial biasanya mengandung etanol 95-96% dan air 4-5%. (1)

BEBERAPA DEFINISI / ISTILAH

Pewangi (Fragrance) atau Produk akhir pewangi (Fragrance finished product) : Campuran kompleks bahan baku pewangi untuk digunakan dalam produk pembersih untuk tujuan utama memberikan  aroma dan / atau menutupi bau. (U.S. EPA Design for the Environment Program)

Senyawa Pewangi (Fragrance Compound) ; Campuran bahan pewangi, mewakili formula pewangi tertentu. (IFRA  Code of Practice)

Bahan Baku Pewangi : Setiap zat, diperoleh dengan sintesis kimia atau berasal dari sumber alami, sengaja ditambahkan dalam pewangi pada konsentrasi lebih dari 0,01 persen berat, yang tujuan utamanya adalah untuk memberikan aroma. Dalam konteks kriteria ini, bahan baku pewangi termasuk bahan kimia aroma, dan komponen dari minyak atsiri. (U.S. EPA Design for the Environment Program)

Produk konsumer (Consumer Product) : produk yang diformulasi secara kimiawi  digunakan oleh konsumen rumah tangga dan termasuk konsumen kelembagaan , namun tidak terbatas pada, deterjen; senyawa-senyawa pembersih; semir; pemoles lantai; kosmetik, produk perawatan pribadi; produk-produk untuk rumah, rumput, dan taman ; desinfektan; pembersih; dan produk khusus otomotif. Definisi produk konsumer tidak termasuk pelapis arsitektur (cat/paint). (310 CMR 7.25)

Produk Aerosol (Aerosol Product) : sistem semprot bertekanan yang membagi komponen produk dengan adanya propelan atau induksi kekuatan mekanis. “Produk Aerosol ” tidak termasuk ” Pompa Semprot .“ ( 310 CMR 7.25)

Penyegar Udara (Air Fresheners) : produk yang diformulasikan dengan tujuan menutupi bau , atau menyegarkan, membersihkan, memberi bau, atau penghilang bau . Tidak termasuk produk-produk yang digunakan pada tubuh manusia, produk yang berfungsi sebagai produk pembersih, atau produk disinfektan yang mengklaim menghilangkan bau dengan membunuh mikroba pada permukaan. Termasuk aerosol desinfektan  dan produk lainnya yang tegas diwakili untuk digunakan sebagai penyegar udara. Untuk menentukan apakah suatu produk adalah penyegar udara, semua representasi verbal dan visual mengenai penggunaan produk pada label dan kemasan, dan dalam literatur produk dan iklan dapat dipertimbangkan. Kehadiran dan pernyataan tentang aroma produk dan kemampuan untuk menghilangkan bau (yang dihasilkan dari aplikasi permukaan) bukan merupakan klaim menyegarkan udara. (310 CMR 7.25)

“Volatile Organic Compound (VOC)” berarti setiap senyawa yang mengandung setidaknya satu atom karbon, termasuk karbon monoksida, karbon dioksida, asam karbonat, karbida logam atau karbonat, dan amonium karbonat, dan tidak termasuk berikut:

  1. metan,
  • metilen klorid (diklorometan),
  • 1,1,1-trikloroetan (metil kloroform),
  • triklorofluorometan (CFC-11),
  • diklorodifluorometan (CFC-12),
  • 1,1,2-trikloro-1,2,2-trifluoroetan (CFC-113),
  • 1,2-dikloro-1,1,2,2-tetrafluoroetan (CFC-114),
  • kloropentafluoroetan (CFC-115),
  • klorodifluorometan (HCFC-22),
  • 1,1,1-trifluoro-2,2-dikloroetan (HCFC-123),
  • 1,1-dikloro-1-fluoroetan (HCFC-141b),
  • 1-kloro-1,1-difluoroetan (HCFC-142b),
  • 2-kloro-1,1,1,2-tetrafluoroetan (HCFC-124),
  • trifluorometan (HFC-23),
  • 1,1,2,2-tetrafluoroetan (HFC-134),
  • 1,1,1,2-tetrafluoroetan (HFC-134a),
  • pentafluoroetan (HFC-125),
  • 1,1,1-trifluoroetan (HFC-143a),
  • 1,1-difluoroetan (HFC-152a),

Siloksan yang termetilasi sempurna, siklik, bercabang atau linier, yang dikategorikan sebagai perfluorokarbon :

a)    Alkana yang terfluoronasi sempurna, siklik, bercabang atau linier ;

b)    Eter yang terfluoronasi sempurna tidak jenuh, siklik, bercabang atau linier ;

c)    Amin tersier yang terfluoronasi sempurna tidak jenuh, siklik, bercabang atau linier ; dan

d)    Sulfur yang mengandung perfluorokarbon tidak jenuh dan dengan sulfur yang terikat pada karbon dan fluorin; dan

2. Senyawa organik dengan reaktivitas rendah yang telah ditentukan oleh EPA Amerika Serikat :

  • aseton,
  • etana,
  • metil asetat,
  • paraklorobenzotrifluorid (1-kloro-4-trifluorometil benzen).

Medium Volatile Organic Compound ( MVOC ) ” berarti setiap senyawa organik yang mudah menguap yang memberikan sebuah tekanan uap lebih besar dari 2 mmHg dan kurang dari atau sama dengan 80 mmHg ketika diukur pada 20°C ”.

High Volatile Organic Compound (HVOC) ” berarti setiap senyawa organik yang mudah menguap yang memberikan sebuah tekanan uap lebih besar dari 80 mmHg ketika diukur pada 20°C ”.

LVP–VOC (Low Vapour Pressure-VOC) berarti ” senyawa ” atau ” campuran ” bahan kimia yang mengandung setidaknya satu atom karbon dan memiliki tekanan uap kurang dari 0,1 mmHg pada 20C.

Berikut ini adalah 26 senyawa alergen menurut Directive 2003/15/EC ( tentang produk kosmetik) :

  1.  Amyl cinnamal (CAS No 122-40-7)
  2. Benzyl alcohol (CAS No 100-51-6)
  3. Cinnamyl alcohol (CAS No 104-54-1)
  4. Citral (CAS No 5392-40-5)
  5. Eugenol (CAS No 97-53-0)
  6. Hydroxy-citronellal (CAS No 107-75-5)
  7. Isoeugenol (CAS No 97-54-1)
  8. Amylcinnamyl alcohol (CAS No 101-85-9)
  9. Benzyl salicylate (CAS No 118-58-1)
  10. Cinnamal (CAS No 104-55-2)
  11. Coumarin (CAS No 91-64-5)
  12. Geraniol (CAS No 106-24-1)
  13. Hydroxy-methylpentylcyclohexenecarboxaldehyde (CAS No 31906-04-4)
  14. Anisyl alcohol (CAS No 105-13-5)
  15. Benzyl cinnamate (CAS No 103-41-3)
  16. Farnesol (CAS No 4602-84-0)
  17. 2-(4-tert-Butylbenzyl) propionaldehyde (CAS No 80-54-6)
  18. Linalool (CAS No 78-70-6)
  19. Benzyl benzoate (CAS No 120-51-4)
  20. Citronellol (CAS No 106-22-9)
  21. Hexyl cinnamaldehyde (CAS No 101-86-0)
  22. d-Limonene (CAS No 5989-27-5)
  23. Methyl heptin carbonate (CAS No 111-12-6)
  24. 3-Methyl-4-(2,6,6-trimethyl-2-cyclohexen-1-yl)-3-buten-2-one (CAS No 127-51-5)
  25. Oak moss extract (CAS No 90028-68-5)
  26. Treemoss extract (CAS No 90028-67-4)

REFERENSI :

  1. David J. Rowe, Chemistry and Technology of Flavors and Fragrances, Blackwell Publishing Ltd. USA. 2005.
  2. Fragrance in detergents and household product. Ingredient Information Section. www.cleanright.eu . November 2008.
  3. DIRECTIVE 2003/15/EC Of The European Parlienment and of The Council. 27 Februari 2003.
  4. IFRA Issue Fragrance Standart Update. 19 Juni 2013.
  5. COMMONWEALTH OF MASSACHUSETTS DEPARTMENT OF ENVIRONMENTAL PROTECTION. 310 CMR 7.00 AIR POLLUTION CONTROL REGULATIONS

Tugas PKRT by Rgm & Masdiana T.

emeralda02

 

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s