EFEK SINAR MATAHARI Radiasi sinar ultraviolet (UVR) dari matahari dibagi atas UVA (UVA1 340-400 nm dan UVA2 320-340 nm), UVB (290-320 nm) dan UVC (270-290 nm). UVC di saring oleh ozon pada lapisan stratosfer, sehingga hanya UVA dan UVB yang dapat mencapai permukaan bumi. UVA lebih mudah untuk berpenetrasi ke dalam lapisan kulit terdalam dibandingkan dengan UVB, UVA tidak dapat tersaring oleh gelas dan diperkirakan sekitar 50% dari pemaparan UVA timbul dalam tempat teduh. Pemaparan akut terhadap UVB dapat menimbulkan efek seperti eritema, udema, tanning, penipisan lapisan epidermis dan dermis, dan sintesis vitamin D. Pemaparan kronis terhadap UVB dapat menghasilkan photoaging (efek penuaan kulit oleh cahaya), imunosupresi, dan fotokarsinogenesis. Pemaparan terhadap UVA lebih efektif dalam menginduksi tanning dan kurang menyebabkan eritema, tetapi juga menyebabkan photoaging serta fotodermatosis akut dan kronik. Keduanya berhubungan dengan imunosupresi dan karsinogenesis; sehingga diperlukan perlindungan terhadap keduanya. Energi dari Sinar UV diabsorbsi oleh kulit dapat menghasilkan senyawa kimia baru seperti 6’,4’-DNA fotoproduk, radikal bebas dan lain sebagainya., atau penghamburan kelebihan energi sebagai panas atau fosforesensi. Absorbsi ini dan diikuti oleh konversienergi yang berperan pada proses pembentukan etiologi kanker kulit dan photoaging (2,3,4).

American Cancer Society menyatakan bahwa pemaparan UV dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan perubahan pada kulit yang meliputi (3) :

  • *Penuaan
  • *Kerutan
  • *Kehilangan elastisitas kulit
  • *Noda gelap (lentigos, kadang disebut “age spots” atau “liver spots” )
  • *Keratosis aktinik

Mencegah interaksi sinar UV dengan kromofor kulit merupakan fungsi utama dari tabir surya. Produk tabir surya sangat sederhana; mereka mengabsorbsi/memantulkan/menghamburkan radiasi UV dari sinar matahari sebelum energy ini diabsorbsi oleh residu kromofor dalam kulit. Untuk menghasilkan efek ini, prodek tabir surya secara teknik sangat kompleks. Produk ini harus digunakan untuk keefektifannya dan sama dengan produk perawatan lainnya, kepatuhan adalah kunci untuk memperoleh keutamaan dari kesehatan (3).

TABIR SURYA

Tabir surya (sunscreen atau sunblock) atau UV filter, memiliki 2 mekanisme utama yaitu : (i) menghamburkan dan memantulkan energy sinar UV dan (ii) mengabsorbsi energy sinar UV. Sangat banyak tabir surya mengandung bahan-bahan yang bekerja dengan kedua mekanisme ini yang dikenal dengan istilah UV protection. Pada awalnya tabir surya didesain untuk melindungi pemakainya pada saat ke pantai. Saat ini, produk yang sama digunkan pula oleh mereka yang melakukan olahraga salju, sejak sinar matahari menunjukkan efek terhadap kulit yang dapat dilihat pada pantulan dipermukaan salju. Sekarang ini UV filter digunakan bersama dengan produk yang digunakan sehari-hari, seperti krim pelembab dan produk perawatan rambut, produk aftershave, lipstik atau produk make-up (3,5).

UV filter dapat diklasifikasikan menjadi 2 kelompok berdasarkan asalnya. Anorganik UV filter, atau yang juga disebut UV filter fisik, terutama bekerja dengan memantulkan dan menghamburkan radiasi UV, organic UV filter, yang juga disebut UV filter kimia atau sunblock, bekerja dengan mengabsorbsi radiasi (5).

Jenis tabir surya yang paling penting adalah yang bekerja dengan mengabsorbsi radiasi eritemal UV. Karakteristik yang penting dalam tabir surya adalah (4) :

  1. Tidak toksik dan tidak mempengaruhi metabolisme tubuh
  2. Tidak berbahaya secara dermatologis seperti bebas dari efek iritan dan efek sensitasi yang berbahaya
  3. Efektif mengabsorbsi radiasi eritemogenik
  4. Tidak bersifat fotolabil, yaitu mampu mengabsorbsi radiasi eritemogenik, tidak mengalami perubahan kimia yang dapat mengurangi kemampuannya sebagai tabir surya, sehingga mampu mengubah senyawa lain yang berbahaya yang mungkin terdapat seperti pada bagian 1) dan 2) diatas
  5. Tidak menguap dan memiliki karakteristik kelarutan yang sesuai
  6. Tidak terdekomposisi dengan adanya lembab, keringat dan lain sebagainya
  7. Harus memiliki (dalam pengenceran dan pembawa yang akan digunakan untuk tabir surya) karakter fisik yang dapat diterima oleh konsumen, sebagai contoh, tabir surya haruslah tidak menimbulkan bau yang tidak sedap
  8. Harus dapat terabsorbsi melalui kulit.

UV filter fisik secara umum adalah oksida logam, meskipun silikat dan talk juga biasa digunakan. Bahan ini menunjukkan perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan bahan kimia dan juga merupakan bahan yang tidak larut dalam air. Sebagai pembanding, bahan ini kurang diterima oleh kebanyakan orang karena bahan ini biasanya membentuk lapisan film penghalang pada kulit yang menimbulkan rasa yang kurang nyaman. Selain itu, formulasi dengan menggunakan bahan ini sangatlah sulit karena bahan ini dapat memecahkan emulsi. Zink oksida merupakan UV filter fisik yang lebih efektif dibandingkan titanium oksida. Sediaan dengan bahan yang mampu memantulkan cahaya dapat lebih efektif bagi mereka yang terpapar radiasi UV yang berlebihan, misalnya para pendaki gunung dan tentara. Popularitas bahan-bahan ini meningkat belakangan ini karena toksisitasnya yang rendah. Bahan ini juga stabil terhadap cahaya dan tidak menunjukkan induksi reaksi fototoksik atau fotoalergik. Juga digunakan untuk perlindungan terhadap UVA dan UVB. Namun penggunaan zink oksida sebagai tabir surya yang dimasukkan dalam formulasi kosmetik di beberapa negara tidak perkenankan, seperti di Eropa dan Jepang, kecuali di Amerika Serikat. Umumnya UV filter fisik yang secara luas digunakan saat ini adalah titanium dioksida. (3,5).

UV filter kimia ( atau sunscreen )merupakan senyawa organic dengan aktifitas molar yang tinggi terhadap range UV. Senyawa ini biasa terdiri dari struktur aromatik tunggal atau ganda, kadang merupakan konyugasi dari karbon-karbon ikatan ganda dan/atau gugus karbonil. Tabir surya kimia adalah bahan yang dapat melindungi kulit dengan mengabsorbsi energi UV dan mengubahnya menjadi energi panas. Senyawa ini mengabsorbsi radiasi UV dan mengubah energinya menjadi radiasi dengan gelombang yang lebih panjang. Tabir surya kimia cenderung membentuk energy yang lebih tinggi dalam keadaan dasar. Molekul ini akan menuju pada keadaan dasar, energi diemisikan dengan magnitude yang lebih rendah dari energy awal yang diabsorbsi. Energi ini di emisikan dalam bentuk panjang gelombang yang lebih panjang, sebagai radiasi panas ringan yang khas. Derivat sintetis senyawa ini dapat dibagi dalam 2 kategori besar yaitu pengabsorbsi kimia UVB (290-320 nm) dan UVA (320-400 nm) (3,5).

Tabir surya kimia yang biasa digunakan adalah oktil metoksisinamat sebagai UVB filter yang paling banyak digunakan. Bahan ini kurang efektif dalam mengabsorbsi UVB dibandingkan para-aminobenzoic acid (PABA) dan pada formulasinya dianjurkan penambahan UVB filter untuk memperoleh nilai SPF yang tinggi. UVA filter termasuk benzofenon, antranilat dan dibenzoilmetan. Oksibenzon adalah benzofenon yang paling luas digunakan, mengabsorbsi UVA dan UVB. Kedua bahan ini memiliki kekurangan yaitu bersifat fotolabil serta mudah terdegradasidan teroksidasi (2).

Berikut, adalah beberapa tabir surya dan konsentrasi penggunannya (3) :

UV filter

Konsentrasi hingga (%)

Aminobenzoic acid (PABA)

15

Avobenzon

3

Cinoxate

3

Dioksibenzon

3

Homosalat

15

Metil antranilat atau meradimat

5

Oktokrilen

10

Oktil metoksisinamat atau oktinoxat

7,5

Oktil salisilat atau oktisalat

5

Oksibenzon

6

Asam Fenilbenzimidazol Sulfonat

4

Oktil dimetil PABA

8

Titanium Dioksida

25

Trolamin salisilat

12

Zink oksida

25

Tabir surya digunakan setebal 2 cm pada permukaan kulit dan dibiarkan selama 15 hingga 30 menit untuk penyerapan sempurna melalui kulit. Efektivitas tabir surya meningkat setelah penyerapan melalui kulit sebelum terpapar oleh sinar matahari.

EFEKTIVITAS TABIR SURYA

Parameter yang berbeda digunakan untuk mengevaluasi efikasi produk tabir surya dan memberikan kepada pemakai yang berhubungan dengan informasi pada label produk. Parameter yang biasa digunakan disebut sebagai Sun Protection Factor (SPF) produk tabir surya, dengan hubungan terhadap peningkatan dosis UV pada kulit yang dilindungi dapat dengan tanpa menunjukkan eritema, sebagai perbandingan pada kulit yang tidak terlindungi. SPF adalah perbandingan respon terhadap paparan sinar UV pada kulit yang terlindungi terhadap kulit yang tidak terlindung. Secara khusus, dosis minimum eritema (MED) diuji oleh setiap panelis pada tes SPF. Waktu/dosis pada simulasi cahaya UV dibutuhkan untuk menghasilkan keseragaman, yang hampir tidak menampakkan kemerahan pada kulit. Nilai MED akan berbeda berdasarkan tipe kulit Fitzpatrick. Untuk mengetahui nilai SPF, produk dengan dosis yang cocok dioleskan 2 mg/cm2 pada area 50-100 cm diatas punggung belakang bagian bawah. Lima hingga tujuh titik dipaparkan pada berbagai dosis simulasi cahaya UV. 12-24 jam setelah pemaparan UV, bagian ini dievaluasi . Nilai SPF dikalkulasi dengan menggunkan persamaan : SPF = MED kulit terlindung/MED kulit yang tidak terlindung. SPF dapat ditunjukkan dengan persen transmitan eritemal UV seperti 1/SPF X 100, atau yang dihambat, seperti ( 1-(1/SPF) X 100 ) (3,5).

FORMULASI SEDIAAN TABIR SURYA

Formulasi sediaan tabir surya dibedakan atas 3 tipe yaitu sediaan anhidrous, emulsi dan sediaan tidak berlemak (greaseless) (1).

Sediaan Anhidrous. Minyak-minyak cair suntan menduduki tempat yang paling penting. Keuntungan yang spesifik dari sediaan berminyak adalah sifat tahan terhadap air yang timbul saat berkeringat pada saat berjemur atau berenang. Efek lubrikan (perlindungan mekanik) juga dipertimbangkan sebagai hal yang sangat menolong. Minyak nabati digunakan sebagai tabir surya karena mamiliki kemampuan menyerap dalam range UV kritikal. Hal ini ditunjukkan oleh minyak wijen yang paling luas penggunannya. Minyak nabati merupakan pelarut yang lebih baik dibandingkan minyak mineral untuk mebanyakan bahan-bahan tabir surya yang larut minyak (1).

Hasil yang baik ditunjukkan dengan mencampur 15% serbuk inert kedalam sediaan minyak. Bahan ini memberikan konsistensi sediaan yang lebih kaku dan mengurangi kelengketan. Beberapa padatan, seperti zink oksida, memiliki efek penapisan terhadap sinar UV yang tidak terbatas hingga sekitar 3000Å tetapi memperluas lebih dari range keseluruhan (1).

Emulsi. Berbagai jenis emulsi, non lemak m/a, semi lemak , lemak m/a, telah digunakan sebagai tabir surya; dengan kandungan lemak yang tinggi menyerupai minyak; dan non lemak serupa dengan sediaan berair. Keuntungan dari produk emulsi adalah penampilan dan konsistensi yang menyenangkan saat penggunaannya (1).

Sediaan Tidak Berlemak. Dibandingkan dengan minyak suntan, sediaan ini memiliki keuntunganyaitu tidak berlemak dan lengket serta nyaman dalam penggunannya. Kelompok ini dibagi atas komposisi alcohol tinggi atau rendah. Kerugian utama dari sediaan berair dan rendah alcohol adalah kelarutannya dalam air : yaitu kehilangan aktivitas pada kondisi berkeringat atau dalam air (1).

Secara khusus, umumnya tabir surya aktif terdiri dari beberapa tipe (3):

·Minyak-minyak polar, cenderung untuk membuat produk terasa berlemak dan berminyak, khususnya dalam konsentrasi yang tinggi.

·Padatan Kristal yang larut minyak membutuhkan konsentrasi pelarut/emollient berminyak untuk melarutkannya dan menjaga pembentukan kristalisasi pada produk dan juga membuat produk terasa berlemak dan berminyak.

·Garam-garam yang larut air, cenderung untuk menurunkan kemampuan polimerik dalam larutan berair. Cenderung untuk membentuk tingkat polimer yang tinggi dan polimer tingkat tinggi ini membuat produk terasa lengket dan berat pada kulit.

·Serbuk atau partikulat yang tidak larut dapat membuat kulit terasa kering dan sering menimbulkan tampilan putih yang tidak diharapkan pada kulit.

Penambahan parfum pada sediaan atau formulasi tabir surya dipilih berdasarkan image yang ingin diberikan pada produk. Untuk tabir surya yang digunakan oleh para atlit, harus dipilih tipe aroma segar yang kering seperti lavender atau sitrus. Jika produk digunakan untuk berjemur di pantai, aroma yang lebih keras, lebih sesuai dengan aroma menawan atau menarik. Pada kasus lainnya aroma netral, seperti aroma bunga lebih cocok dengan produk. Parfum dengan aroma yang manis harus dihindari untuk mencegah ketertarikan serangga. Dosis yang tepat tergantung pada tipe produk. Minyak suntan dengan basis minyak nabati biasa dianjurkan penambahan 1% parfum atau lebih, dengan sediaan berair atau rendah alcohol 0,1-0,3 %, untuk formulasi iniTween 20 atau pengsolubilisasi lainnya harus ditambah pada parfum (1).

Formulasi tabir surya dengan menggunakan titanium dioksida menggunakan serbuk termikronisasi untuk meningkatkan efektivitasnya sebagai tabir surya. Titanium dioksida dengan ukuran partikel 60 μm mampu memantulkan dan membaurkan sinar UV dan sinar tampak, sementara partikel dengan diameter 230 μm hanya mampu membaurkan sinar tampak. Ukuran partikel yang lebih kecil memiliki luas permukaan yang lebih luas di bandingkan dengan partikel ukuran besar. Sehingga kemampuan memantulkan dan membaurkan cahaya lebih besar.

Referensi :

1. Jellinec, J.Stephan. 1970. Formulation and Function of Cosmetics. New York ; 325, 332, 334, 336, 340.

2. Walters, A. Kenneth. Michael S. Robert. 2008. Dermatologic, Cosmeceutic, and Cosmetic Development. Informa Healthcare, New York ; 419, 425, 432.

3. Draelos, Zoe Diana. Lauren A. Thaman. 2006. Cosmetic Formulation of Skin Care Product. Taylor & Francis Group. New York ; 137, 141, 146, 157, 159.

4. Harry, Ralph G. 1962. Modern Cosmeticology Volume One. Chemical Publishing Co. Inc. New York ; 205, 216,218.

5. Salvador, Amparo. Albert Chisvert. 2007. Analysis of Cosmetic Products. Elsevier. Oxford ; 88, 94.

TABIR SURYA.pdf

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

Satu tanggapan »

  1. vinensia berkata:

    Darimana qta tahu, kalo tabir surya yg qta beli itu memang aman dan ampuh buat qta? Tentunya patut dicoba donkz. Nah, bagimana caranya menguji kandungan SPF dari suatu produk tabir surya apalagi tabir surya yang water resistant? Search this information in here http://sunscreen.vinensia.com/2008/09/spf-testing.html. Share this information to your friends too. Thx =)

    • rgmaisyah berkata:

      Yang penting terjamin bahwa kosmetikanya adalah kosmetika asli bukan yang palsu, lulus uji dari BPOM dan tentunya pemilihan kosmetiknya di sesuaikan dengan aktivitas dan kondisi kulit. Pada artikel tsb telah dijelaskan bahwa umumnya mereka yang sangat aktiv memerlukan perlindungan yang lebih. Untuk pemilihan tabir surya sebaiknya merupakan tabir surya yang aktiv terhadap UV A dan UV B.

  2. arin berkata:

    trma ksh,ini sangat m’bantu sy..bsa ka anda m’berikn contoh formulasi yg mngandung metil antranilat sbg tabir surya?

  3. agnes berkata:

    makasih utk infonya ya…

  4. Meike_sumayyah berkata:

    hehe,,
    dapat mi bahan kosmet,,,,
    Syukran kak,,,

  5. rina berkata:

    kak di 5n kta dpt memblinya?

  6. rgmaisyah berkata:

    afwan, maksudnya produk dr contoh formula diatas?? Itu hanya contoh formula, kalau tabir surya lainnya sdh bnyk beredar dipasaran…jgn lupa beli yg asli yg sdh dpt no registrasi dr bpom serta sertifikat halal dr lpom mui… ^_^

  7. apakah oksibenzon itu aman dGunakan
    saya ada baca2 kalau oksibenzon itu sama dengan merkuri
    benar tidak???

  8. aan berkata:

    boleh minta jurnalnya?

  9. wise natalia berkata:

    Cukup lengkap untuk informasinya , apalagi untuk saya yang mau praktikum kosmetik (karena saya farmasi). Tapi saya ada pertanyaan, apa perbedaan sunscreen dgn sunblock (mekanisme kerjanya). Thx

Tinggalkan komentar