Beberapa tinjauan mengenai klorin dan dioksin dalam pembalut yang disusun oleh Prof. Zullies Ikawati. Saya blog ulang tulisan beliau, terkait maraknya pemberitaan mengenai hasil temuan YLKI yang cukup meresahkan konsumen. Selamat membaca.

Zullies Ikawati's Weblog

Dear kawan,

Dioksin

Pernah beredar rumor lama bahwa pembalut wanita itu mengandung dioksin yang berbahaya bagi kesehatan dan dikaitkan dengan kejadian kanker servix. Sehingga ini menjadi bahan promosi bagi beberapa merk pembalut wanita, yang menyebut dirinya “bebas dioksin”…. Well, tulisan ini adalah request dari beberapa kawan…. sudah lama sih, tapi baru sempat menuliskannya sekarang…

Rumor tentang dioksin pada pembalut wanita sebenarnya sudah beredar cukup lama, mungkin bahkan sekitar 10 tahun yang lalu melalui internet. Hal ini cukup meresahkan masyarakat, karena tidak hanya pembalut wanita, diaper yang merupakan popok bayi sekali pakai,  juga disebut-sebut mengandung dioksin yang berbahaya.

Ketika mencoba searching mengenai dioksin pada pembalut, aku terdampar dalam belantara informasi yang sangat beraneka-rupa, termasuk iklan-iklan pembalut wanita. Waduuh….. susah sekali ternyata mencari informasi yang obyektif, valid, dan berimbang serta cukup komplit. Tak urung FDA (Food and Drug Administration), semacam Badan POM-nya Amerika turut sibuk memberikan penjelasan. Informasinya bisa dilihat di sini :

http://www.fda.gov/MedicalDevices/Safety/AlertsandNotices/PatientAlerts/ucm070003.htm

Lihat pos aslinya 2.725 kata lagi

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s