1. Sebutkan dan jelaskan secara singkat beberapa gangguan atau penyakit yang berhubungan dengan musculoskeletal

Jawab. Penyakit musculoskeletal

  • Otot keseleo atau terkilir

Keseleo merupakan kerusakan yang terjadi pada ligamen dan terkilir merupakan kerusakan yang berhubungan dengan otot

  • Bursitis dan tendonisitis

Merupakan pembengkakan pada tendon atau lebih spesifik pada kantung fibrosa yang menyerang otot pada tulang

  • Osteoarthritis

Ditamdai dengan keruasakan degeneratif dan hilangnya sambungan-sambungan tulang rawan pada sendi dan hipertropi tulang

  • Rhemathoid Arthritis

Merupakan pembengkakan kronik sistemik yang merusak sendi sinovial dan menampilkan cirri-ciri yang bukan merupakan bagian dari sendi

2. Mengapa glucosamine dan chondroitin selalu digunakan bersama-sama sebagai nutrisi untuk kesehatan musculoskeletal

Jawab. Glucosamine hidroklorida menstimulasi sintesis GAG untuk petumbuhan sel tulang rawan (chondrocytes) tapi punya sedikit aktivitas penghambat enzim kolagenase mengakibatkan kerusakan kartilago sedangkan kondroitin sulfat menunjukkan kedua efek. Kombinasi kedua bahan menunjukkan stimulatory efek yang lebih baik pada sintesis GAG daripada kerja masing-masing komponen sehingga kombinasi ini merupakan efek sinergis dalam menstimulasi sintesis kartilago.

3. Bagaimana metabolisme dan bioavabilitas dari glucosamine dan chondroitin

Jawab. Metabolisme dan bioavabilitas:

  • Glucosamine sulfat yang digunakan secara oral dilaporkan 90% dosis yang ditetapkan diabsorpsi melalui saluran pencernaan, dimana setengah dari prosesnya hilang pada first pass effect. Oleh karena itu bioavabilitas oral yang tepat pasti adalah 44%.

  • Chondroitin (pada hewan coba) >70% radioaktivitasnya pada pemberian oral ditemukan pada urin dan jaringan. Setelah 24 jam radioaktivitas lebih tinggi terdapat pada usus, hati, ginjal, cairan sinovial dan sambungan atau cartilago jaringan lain.

4. Sebutkan nutrisi-nutrisi yang bisa digunakan untuk meningkatkan kesehatan muskuloskeletal

Jawab. Nutrisi musculoskeletal

  • Glucosamine dan Chondroitin

  • Metilsulfonymethane (MSM)

  • Minyak ikan

  • Asam -Linolenat

  • Melatonin

  • L-carnitine

  • Isoflavon

  • Kelompok Vitamin D

5. Apakah penggunaan nutrisi untuk muskuloskeletal memiliki batasan dosis

Jawab. – Metilsulfonymethane (MSM) dosis 3 x 500 mg sehari

  • Melatonin dosis standar 0,3–15 mg sehari

  • L-carnitine dosis 100–200 mol sehari

6.  Jelaskan keuntungan dari antara MSM (metylsulfonymethane) dengan glucosamine

Jawab. Glucosamine dan chondroitin sulfate dapat menyebabkan defisiensi asam amino sulfur karena itu MSM dapat menyediakan sumber sulfur untuk susunan matriks kartilago atau pada sistem antioksidan n-acetyl sistein dan glutation.

7. Sebutkan dan jelaskan secara singkat mengenai kandungan dari minyak ikan yang memiliki khasiat untuk kesehatan muskuloskeletal dan jenis ikan apa saja yang banyak mengandung komponen berkhasiat tersebut

Jawab. Minyak ikan mengandung konsentrasi n-3-polyunsaturated fatty acids (PUFAs) yang tinggi seperti eicosapentanoic acid (EPA) dan decosahexaenoic acid (DHA) yang terdapat dalam ikan yang berminyak seperti mackarel, sarden dan salmon.

8. Salah satu gangguan pada tulang yaitu osteoporosis, jelaskan etiologi terjadinya osteoporosis dan faktor-faktor apa saja yang bisa meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis tersebut

Jawab. Selain karena bertambahnya usia, dengan menurunnya kerja osteoblas dan berkurangnya absorpsi dan retensi kalsium. Beberapa faktor yang menambah resiko osteoporosis, antara lain:

  1. Diet rendah kalsium

  2. Merokok

  3. Alkohol

9. Mengapa obat-obatan seperti kortikosteroid bisa meningkatkan resiko terjadinya osteoporosis

Jawab. Efektivitas obat-obat kortikosteroid disalurkan melalui reseptor osteoblas dan dapat mengurangi aktivitas serta kandungan mineral tulang selama beberapa bulan pada permulaan pemakaiannya. Dapat juga menyebabkan supresi adrenal sehingga mengurangi sintesis oestrogen dan androgen sehingga dapat menyebabkan osteoporosis lebih buruk.

10. Nutrisi apa saja yang biasa digunakan untuk meningkatkan kesehatan tulang

Jawab. Nutrisi yang digunakan

  • Melatonin berfungsi menghentikan penyerapan kembali matriks tulang

  • L-Carnitine berfungsi dalam menstimulasi proliferasi osteoblas

  • Soy isoflavon digunakan dalam pencegahan dan pengobatan

osteoporosis saat past-menopause

11. Jelaskan mekanisme kerja dari -linolenic acid (GLA) sehingga bisa digunakan sebagai anti peradangan

Jawab. Asam -Linolenat. GLA merupakan n-6 PUFA yang ditemukan pada minyak mawar sore dan minyak borage. Dimetabolisme menjadi dihomo -linolenic Acid (DGLA). DGLA adalah prekursor prostaglandin yang dapat menginduksi sinyal atau tanda dari radang, tetapi juga mengurangi aktivitas sel-sel yang meradang.

12. Mengapa soy isoflavon mempunyai efek menguntungkan dalam pencegahan osteoporosis post-menopause

Jawab. Soy isoflavon dinilai merupakan suplemen yang paling menjanjikan sebagai pencegahan dan pengobatan osteoporosis pada saat post-menopause, karena strukturnya yang sama dengan ekstradiol dan oleh karena itu sebagai pengganti defisiensi estrogen. Senyawa-senyawa ini dapat bekerja sebagai agonis lemak pada reseptor estrogen, khususnya tipe β yang letaknya di membran osteoblast.

13. Bagaimana sintesis vitamin D dalam tubuh

Jawab. Vitamin D terbagi menjadi ergokalsiferol (D2), kolekalsiferol (D3) dan beberapa turunannya yang memiliki rumus steroid. Vitamin D2 dibentuk oleh tubuh dari provit ergosterol yang terdapat dalam ragi. Vitamin D3 banyak terdapat dalam ikan lemak dan minyak ikan cod, sedangkan dalam kulit terdapat provit 7-dehidrokolesterol yang dibawa pengaruh sinar UV diubah menjadi vitamin D3

14. Bagaimana khasiat vitamin D terhadap pencegahan osteoporosis

    Jawab. Vitamin D berdaya menstimulasi resorpsi aktif kalsium dan fosfat dari usus halus dan resorpsinya oleh ginjal. Apabila kekurangan vitamin D dapat menyebabkan berkurangnya resorpsi Ca dan Fosfat yang penting sekali bagi kerangka, akibatnya jaringan tulang diganti oleh tulang rawan yang lebih lunak, mudah membengkak dan menyebabkan deformasi setempat.

    15. Kurangnya kalsium dan fosfat ini dapat menyebabkan rakhitis osteomalacia dan osteoporosis.Jelaskan proses sintesis melatonin dan efeknya terhadap tulang

    Jawab. Melatonin disintesis di kelenjar pineal berupa bentuk siklik selama 24 jam. Melatonin sebagai antioksidan dan Menghentikan penyerapan kembali matriks tulang atau mengikat bermacam-macam reseptor intrasel yang cocok untuk fisiologi dan regulasi sel tulang

      16. Sebutkan organ tempat sintesis L-Carnitine serta mengapa L-Carnitine berpengaruh pada pembentukan tulang Jawab. L-Carnitine disintesis di hati dan ginjal dan banyak ditemukan pada rangka dan otot jantung. L-Carnitine menstimulasi proliferasi osteoblas (dipertimbangkan sebagai peningkatan pada penanda dari pembentukan tulang termasuk kolagen).

      About rgmaisyah

      Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s