Menurut Materia Medika

Pengayak dibuat dari kawat logam atau bahan lain yang cocok dengan penampang melintang yang sama diseluruh bagian. Jenis pengayak dinyatakan dengan nomor yang menunjukkan jumlah lubang tiap cm dihitung searah dengan panjang kawat

Derajat Halus serbuk

Derajat halus serbuk dinyatakan dengan nomor pengayak.

Jika derajat halus suatu serbuk dinyatakan dengan 1 nomor, dimaksudkan bahwa semua serbuk dapat melalui pengayak dengan nomor tersebut.

Jika derajat halus suatu serbuk dinyatakan dengan 2 nomor, dimaksudkan bahwa semua serbuk dapat dapat melalui pengayak dengan nomor terendah dan tidak lebih dari 40% melalui pengayak dengan nomor tertinggi.

Menurut Farmakope Indonesia

Serbuk Simplisia Nabati dan Simplisia Hewani

Dalam penetapan derajat halusserbuk simplisia nabati dan simplisia hewani, tidak ada bagian dari obat yang dibuang selama penggilingan atau pengayakan, kecuali dinyatakan lain dalam masing-masing monografi.

Metode Penetapan Keseragaman Derajat Halus

Untuk penetapan keseragaman derajat halus serbuk obat dan bahan kimia, cara yang boleh dilakukan dengan menggunakan pengayak baku yang memenihu persyaratan. Hindari penggoyangan lebih lama, yang akan menyebabkan peningkatan derajat halus serbuk selama penetapan.

Untuk serbuk sangat kasar, kasar dan setengah kasar

Masukkan 25-100 g serbuk uji pada pengayak baku yang sesuai yang mempunyai panci penampung dan tutup yang sesuai. Goyang pengayak dengan arah putaran horizontal dan ketukkan secara vertikal pada permukaan keras selama tidak kurang dari 20 menit atau sampai pengayakan praktis sempurna. Timbang seksama jumlah yang tertinggal pada pengayak dan dalam panci penampung.

Untuk serbuk halus atau sangat halus.

Lakukan penetapan seperti pada serbuk kasar kecuali contoh tidak lebih dari 25 g dan pengayak yang digunakan digoyang selama tidak kurang 30 menit atau sampai pengayakan praktis sempurna.

Untuk serbuk berminyak atau serbuk lain yang cenderung menggumpal dan dapat menyumbat lubang, sikat pengayak secara berkala hati-hati selama penetapan. Hancurkan gumpalan yang terbentuk selama pengayakan. Derajat halus serbuk obat dan bahan kimia dapat juga ditetapkan dengan cara melewatkan pada pengayak yang dapat digoyang secara mekanik yang memberikan gerakan berputar dan ketukan seperti pada pengayak yang menggunakan tangan; tetapi dengan gerakan mekanik yang seragam, mengikuti petunjuk dari pabrik pembuat pengayak.

Tabel 1 Klasifikasi Serbuk Berdasarkan Derajat Halus

Klasifikasi Serbuk Simplisia Nabati dan Simplisia Hewani Bahan Kimia
Nomor Nominal Serbuk 1 Batas derajat halus2 Nomor Nominal Serbuk 1 Batas derajat halus2
% Nomor Pengayak % Nomor Pengayak
Sangat Kasar 8 20 60
Kasar 20 40 60 20 60 40
Setengah Kasar 40 40 80 40 60 60
Halus 60 40 100 80 60 120
Sangat Halus 80 100 80 120 100 120

Keterangan :

1 semua partikel serbuk melewati pengayak dengan nomor nominal tertentu

2 batas persentase yang melewati pengayak dengan ukuran yang telah ditentukan.

Daftar Pustaka :

  1. Kelompok Kerja Penyusun Materia Medika Indonesia. 1995. Materia Medika Indonesia Jilid VI. Departemen Kesehatan RI. Jakarta ; hal.327
  2. Direktorat Jenderal Pengawasan Obat dan Makanan. Farmakope Indonesia Edisi IV. Departemen Kesehatan RI. Jakarta : hal.1045-1046.

About rgmaisyah

Hidup sangat indah bila kita mau berbagi kebahagiaan kepada sesama...

3 responses »

  1. Nurfaisyah mengatakan:

    bagaimana kalau misalnya dikatakan bahwa derajat halus simplisia 10/24 maka bagaimana penggolongannya ?
    Terima kasih atas penjelasannya

    • rgmaisyah mengatakan:

      hai…icha…. Mencoba menjawab pertanyaan icha, simplisia dgn ukuran pengayak 10/24 tdk memiliki klasifikasi sendiri (sejauh ini berdasarkan pustaka), tapi jika dilihat angka 10 dr pengayak lebih dekat ke angka 8 ukuran pengayak untuk serbuk sangat kasar. Sementara angka 24 pengayak merupakan standar terhalus dari simplisia yg dapat melewati pengayak ukuran 24. Jadi 10/24 saya masukkan kedalam kategori serbuk sangat kasar. Lebih afdholnya, icha coba cari lagi dibeberapa pustaka luar ya…(kalau Farmakope dan MMI umumnya standar sama seperti di artikel,kan rujukannya ke 2 pustaka tsb🙂.. ). Semoga bermanfaat ya…. Sukses skripsinya.

  2. hamba allah mengatakan:

    contoh dari serbuk sangat kasar,kasar,setengah kasar,halus,sangat halus itu kok gak ada ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s